Senin, 30 April 2018


Dalam hidup kita pasti pernah mencintai sesuatu, baik benda, manusia, maupun negara ini. Dari kecil kita mulai belajar mencintai orang tua, teman-teman, lalu kita mulai mencintai benda-benda yang kita sukai, dan ketika sekolah mulai mengenal Indonesia, kita pun mulai mencintai negara ini.

 

Mencintai benda-benda yang kita sukai memang membuat keinginan untuk memiliki semakin tumbuh. Saya jadi teringat saat motivasi menulis saya dimulai waktu kelas 2 SMA di Jogja. Saat itu tugas dari sekolah mulai menumpuk seperti cucian kotor yang melihatnya saja sudah membuat saya malas.

Dengan berbekal alasan tugas dari sekolah semakin banyak, saya memberanikan diri untuk meminta dibelikan laptop atau netbook kepada orang tua yang pada saat itu mungkin belum mampu menjawab keinginan saya karena biayanya memang tidak sedikit, bahkan terlalu mahal bagi keluarga pas-pasan seperti saya.

Lalu saya pun mengeluarkan sebuah kalimat yang masih saya ingat sampai detik ini, `kalau saya punya laptop, saya pasti akan berkarya dengan giat, dan jika sudah ada hasilnya akan saya berikan ke ibu` jawab saya saat ditelfon Ibu di atap asrama 7 tahun lalu, yang ternyata janji itu semakin dewasa semakin berat untuk dijalankan.

Beberapa bulan kemudian akhirnya orang tua saya membeli sebuah netbook kecil yang bisa saya gunakan setelah saya pulang ke rumah. Saat pertama kali melihatnya, bibir ini langsung tersenyum lebar dan mata sulit untuk berkedip, walaupun waktu itu saya tidak tahu apa-apa mengenai spesifikasi laptop, tapi yang saya tahu itu adalah netbook merek lokal yang dibuat di Indonesia.

Mulai saat itu saya menyukai produk Indonesia dan rasa ingin untuk memiliki itu semakin besar. Sebenarnya dari dulu Ayah saya memang lebih suka membeli produk lokal, dari TV, DVD Player, Speaker, Kulkas, dan lain sebagainya. Entah karena memang suka barangnya atau hanya sebagai bentuk menyalurkan jiwa nasionalisme yang tinggi, tapi menurut saya itu adalah awal yang bagus dan secara tidak langsung saya terinspirasi dengan beliau dalam membeli suatu barang.

Dari segala kemudahan dalam membeli produk di era digital ini, ada kekurangan yang masih terasa di hati masyarakat, yaitu sulitnya menemukan produk unik dan asli di Indonesia.sekarang banyak bertebaran produk-produk yang katanya dari Indonesia tapi didapat dari hasil impor luar negeri. Hal ini membuat masyarakat semakin sulit menemukan produk yang benar-benar hasil karya anak Indonesia.

Tapi di antara semua kesulitan pasti ada kemudahan, kini telah hadir sebuah portal di Internet yang menjual produk handmade dari Indonesia, yaitu Qlapa.com.




Ini tentu bisa membawa angin segar bagi masyarakat yang mencintai produk Indonesia. Dengan hadirnya Qlapa.com, masyarakat bisa membeli produk handmade & kerajinan unik dari pembuatnya di Indonesia. Qlapa seakan menjadi sebuah `Rumah` untuk produk handmade Indonesia.

Tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, Qlapa juga menjual produk handmade Indonesia untuk semua orang, baik orang Indonesia maupun luar negeri. Hal ini membuat suatu kemajuan besar bagi Indonesia karena semakin banyak orang luar negeri yang bisa mengenal produk Indonesia dan dengan mudah membelinya lewat Internet.

Pihak lain yang sangat terbantu adalah para pengrajin produk handmade Indonesia. Dengan hadirnya Qlapa, mereka bisa memasarkan produknya hingga terkenal sampai luar negeri dan tentu hal ini bisa menambah omset penjualan untuk pengrajin.

 

Jadi seberapa cintakah kamu dengan produk Indonesia? mungkin selama ini kita masih menganggap bahwa produk Indonesia kualitasnya masih jauh tertinggal dibandingkan produk impor, dalam beberapa kesempatan memang iya, kita masih menemukan produk yang belum layak, tapi sekarang kita mendapatkan kemudahan dalam membeli produk handmade Indonesia di internet. Tidak harus buru-buru membeli, tanamkan dalam hati bahwa dengan mencintai produk Indonesia kita bisa menghargai karya anak Indonesia dan memajukan perekonomian Indonesia. langkah ini memang terlihat kecil, tapi bisa berdampak sangat besar, bangga bukan?

Dengan mencintai Indonesia, secara tidak sadar kita menumbuhkan `rasa memiliki` dan kepedulian pada negara kita tercinta. Pertanyaan saya kali ini adalah produk Indonesia favorit apa yang pernah kamu miliki dan apa ada cerita unik dibaliknya? silahkan jawab di kolom komentar di bawah ya :)


Terimakasih telah berkunjung ke Tekno Sore. Untuk perihal bisnis dan kerjasama, silahkan hubungi kami melalui email abdulhaqfaruq@gmail.com

0 comments:

Posting Komentar

terimakasih telah mengunjungi blog kami, semoga bermanfaat :)